TIPS: Tetap Cantik Walaupun Naik Motor

10:09:00

Hai~
long time no see ya. Maafkan kesibukan para author ya, Alhamdulillahnya para author sudah melewati masa tugas akhir dan wisuda (YEAAAAAY) tapi ada hambatan baru lagi, karena sekarang author sudah harus memasuki fase cari dan masuk kerja, jadi waktu ngeblog lebih kurang agak sedikit tidak seefektif dulu. Tapi, kami akan terus semaksimal mungkin untuk tetap menulis tips, tutorial, bahkan review di sela-sela kesibukan masing-masing. Nah, kali ini aku akan membuat tips yang harusnya sangat berguna sih buat kamu yang sehari-hari kemana-mana pake motor, tapi tetep mau ON! Dari skin care dan makeup, kira-kira apa aja sih yang dibutuhkan para pengendara motor?

ilustrasi: http://www.mpm-motor.co.id/



Motor emang kendaraan paling efisien, cepat, dan murah, maka dari itu banyak orang yang punya motor lebih dari satu. Kalo orang dalam keadaan terdesak, motor nih yang paling bisa banget ngebantu, jadi nyampenya lebih cepet karena bisa menerobos kemacetan. Aku sendiri menggunakan motor dikebanyakan kegiatanku sehari-hari. Nah aku juga orang yang paling dilematis kalo pake motor, apalagi kalau ada event yang mengharuskan aku dandan. Udah gitu aku tipe orang yang gampang banget keringetan, jadi tambah bikin beban shay (??) Untuk itu aku berbagi beberapa tips yang berguna untuk kamu yang sering menggunakan motor.

Tulisan ini akan aku bagi ke dalam tiga tahapan utama, yaitu Skin care, Keamanan, dan Makeup & Style. Bagian pertama aku akan membahas skin care untuk kamu para pengendara motor.

SKIN CARE

Sebelum keluar berkendara kamu butuh,

1. Mouisturizer Light Weight (water based/oil free)
Nah karena kamu bakal anas-panasan diluar pelembab yang light weight cocok banget dipake pas siang hari! pelembab yang agak  thick akan memerlukan waktu lama untuk menyerap, sedangkan kamu akan menghabiskan waktu diluar kena panas sinar matahari, yang ada pelembab kamu luntur kebawa keringet xD Buat kamu yang kulitnya super kering, kamu bisa aja pake pelembab yang thick
pada malam harinya, sebelum menggunakan motor. Untuk pelembab yang ringan kamu bisa menggunakan, Laneige Water Bank Gel Cream. atau pelembab lain yang teksturnya gel atau lotion
2. Sunscreen/ Sunblock / UV Protector
Nah yang satu ini penting BANGET! kalo kena motor itu, apalagi siang hari, matahari pasti kena langsung ke kulit kita. Apalagi bagian-bagian telapak tangan, kaki, dan wajah. Untuk itu kamu WAJIB pake sunscreen untuk wajah minimal yang SPFnya 30 dan menggunakan hand body yang ada kandungan UV Protector atau SPFnya. Aku punya beberapa sunscreen yang ringan dan mudah menyerap, kalian juga bisa beli di Sociolla. Untuk sunscreen yang mudah menyerap aku menyarankan Wardah Sunscreen yang aku pernah review juga sebelumnya dan sun protector milik emina. Kalau untuk tubuh, kamu bisa pakai hand & body merk apa saja yang ada kandungan SPF minimal 30 ya!

3. Facial Wash
Kalau yang satu ini sih bukan digunakan sebelum berangkat. Tapi aku sangat menyarankan kalau kamu membawa ini ditas kamu. Fungsinya buat apa? tentunya fungsinya buat cuci muka HAHAH. tapi facial washnya dipake setelah kamu berkendara, logikanya kalo naik motor kan kena debu, polusi, apalah dan apalah, nah pas nyampe tujuan kamu bisa bersihin wajah kamu dan pakai kembali pelembab yang sudah ada spf atau UV protectornya biar praktis.

Untuk bagian skin care cukup segitu aja. Intinya kalau kulit kamu memang butuh vitamin ekstra, coba banyakin di malam hari, karena nutrisi yang ada di skin care juga akan lebih bagus dan efisien jika dipakai malam hari. Jadi, untuk skincare yang patut kamu bawa di tas kamu, adalah facial wash dan pelembab yang sudah ada UV protector atau SPF. Pindah ke bagian selanjutnya yaitu keamanan.

Naik motor itu emang butuh pelindung yang extra dibanding kendaraan lain. Kenapa? karena kalau terjadi kecelakaan (mit amit yaa) langsung kena tubuh kita. Makanya itu kita harus menggunakan pelindung di bagian-bagian tubuh kita yang penting, seperti kepala atau bagian engsel (sikut dan dengkul) (optional). Untuk itu aku akan menjabarkan beberapa hal yang perlu kamu gunakan atau bawa demi keselamatan kamu berkendara.

SAFETY
1. Helm
Helm ini WAJIB pake banget kalo kamu kemana-mana naik motor! kebanyakan cewe pasti males pake helm karena panas dan bikin lepek rambut, parahnya bikin rambut perantakan atau bahkan helmnya bau. Untuk itu mending kamu beli helm sendiri, helm yang sesuai dengan ukuran kepala kamu yang terpenting helmnya lulus SNI atau DOT. SNI dan DOT adalah lembaga sertifikasi, kalau SNI lembaga sertifikasi keamanan produk di Indonesia, nah kalo DOT ini lembaga sertifikasi keamanan produk berkendara dari Amerika. Kan jaman sekarang udah banyak banget helm yang motifnya lucu-lucu gitu ngga kaya abang-abang.

ilustrasi by otosia.com
jangan sampai males pakai helm yaaa. ini penting banget bener deh, kamu mau jatoh keguling-guling juga kalo pake helm yang aman dan bersertifikasi kepala kamu ngga kenapa-kenapa. Kalau ngga pake, bayangin aja sendiri.................:(

2. Jaket & Sarung Tangan
Nah kalau yang ini sih optional yaaa. Kalau misalnya kamu udah pake baju panjang terus gamau pake jaket lagi, ya terserah, itu pilihan. Tapi jaket disini gunanya supaya jadi tameng baju kamu. Kalo kamu pake jaket, baju kamu ngga akan bau 'jalan' atau bau 'matahari', yang bakal bau jaketnya. Nah kalo sarung tangan gunanya tentu buat melindungi telapak tangan yang langsung terpapar sinar matahari. Setidaknya kalo pakai sarung tangan, ngga langsung gosong, masih ada filternya. Jaket dan sarung tangan ini bisa kamu taro dimotor kalau kamu udah sampai tujuan, jadi kamu ngga usah ribet bawa kemana-mana.

3. Sepatu
Ini juga ngga kalah penting. Kalu pake motor dan perginya agak jauh, diusahakan pake sepatu yang agak tebal, jangan pake sendal. Kemungkinan terburuk kalau pake sendal adalah, pas lagi macet-macet, kaki kamu kan turun. Terus ada mobil lewat dari samping kamu, kelindes deh kakinya :( Aku sering banget soalnya kelindes mobil gini HAHAHA. Tapi kalau pake sepatu tebal pas ujan, dilema juga kan? nanti airnya masuk! gampang, kalau gitu kamu bawa boat atau sepatu sendal yang agak tertutup. Lalu kamu taro di bawah jok motor kamu, pas ujan baru deh ganti sepatu.

4. Bawa Jas Hujan
Yang ini juga gak kalah penting. Kalau tiba-tiba ujan, kamu bisa menepi sebentar terus pake jas ujan deh, kalau ujannya sebentar sih kamu gapapa mau neduh dan nunggu hujan. Tapi kalau hujannya awet? kamu mau tunggu selamanya? ga mungkin kan. Oh iya untuk jas hujan, pilihlah ukuran yang lebih besar dari pada ukuran kamu biasanya. Misal aku seharusnya pake ukuran M, tapi aku belinya yang XL. Kenapa? kalau kamu beli ukuran yang lebih besar, kamu bisa masukin tas kamu kedalam situ tanpa takut jas hujannya robek. Jangan lupa selalu sediakan jas hujan di jok motor kamu ya!


5. Masker
Aku sering banget liat dijalan, mba-mba ngga pake masker terus kaca helmnya dibuka. Oh my God! itu seakan-akan kamu merelakan kalau debu dan polusi nemplok di seluruh wajah kamu! Aku ngga bisa ngga pake masker kalau keluar pakai masker. Alasannya ya itu, aku ngga mau debu kena keseluruh wajahku, kalau pake masker yang kena kan cuma bagian jidat sampai mata. Masker ini juga berfungsi buat menyaring bebauan dari asap knalpot atau tempat-tempat yang bau gitu loh. Kalau aku pribadi biasanya pake buff karena multifungsi dan awet!
urbanrange

Untuk section, keamanan sudah semuanya aku bahas. Sekarang ke bagian terpenting, yaitu makeup! kalau aku pribadi sih dilema banget pake makeup tapi naik motor, debunya itu loh! masa udah pake foundation tapi muka kesiram debu :(( tapi aku punya beberapa tips dan trik supaya tetep cantik pas nyampe tujuan.

MAKEUP
Kalau kamu ngga akan cuci muka lagi pas udah sampai tujuan, kamu bisa melakukan ini sebelum berangkat,

1. Do your brow!
Kamu ngga perlu bawa pensil alis di dalam pouch makeup kamu, lakukan dirumah seperti biasa. Apalagi buat kamu yang pantang keluar rumah sebelum ada alis.

2. Pakai Lipstik
YES! ini yang selalu aku lakukan, aku pakai lipstik dirumah. Kalau bisa pakainya yang matte atau pakai tint jadi ngga transfer ke masker kamu nantinya.

kalau aku hanya melakukan dua step (sebenernya cuma lipstikan sih, aku jarang ngalis hehe)  itu sebelum berangkat, aku membiarkan wajah ku polos, karena aku ngga mau base ku kena debu atau polusi, jadi aku akan membawa beberapa barang ini di pouch makeup ku,

1. BB Cushion / Two Way Cake
Kalau udah sampai tujuan langsung cari restroom (kalau aku cuci muka) terus aku pakai BB Cushion, base makeup yang cepet dan praktis. Aku biasanya pakai BB Cushionnya Maybelline. karena warna dia yang paling gelap, yaitu 03 Natural walaupun agak keputihan di aku. Tapi masih bisa diwajarin, dia coveragenya oke, hasilnya satin to dewy (??), poreless finish, mukaku jadi flawless ;;) Kamu bisa temuin BB Cushin punya Maybelline di Sociolla. Tapi kalau kamu ngga suka atau ngga punya cushion, kamu bisa pakai TWC yang gampang dicari. TWC itu powder yang punya coverage, kalau kamu basahin puffnya terus apply kamu bisa dapetin medium coverage loh.
2. Compact Powder
Kalau aku bawa cushion aku bwa compact poder dan brush kecil yang bisa masuk pouch. Aku pake ini buat ngeset BB-nya biar enak pas pake blush atau bronzer.

3. Maskara & Penjepit
ini yang buat matakamu keliatan melek dan fresh. Aku selalu bawa maskara dan penjepit kemana-mana.

4. Blush On / Bronzer
Ini optional sih, kalau pouch kamu masih muat dan kalau kamu mau tampilan kamu ngga flat, kamu bisa bawa ini. Supaya irit tempat pake brush yang udah dapet dari blushnya aja!

5. Parfum
Kalau pake motor kan yaaaa gitu kena polusi, asep metro mini atau kopaja yang ngebul, atau ngelewatin asep orang bakar sampah, dan lain-lainnya. Bau-bauan itu bakal nempel dikita, karena itu kita harus bawa parfum bersama kita kemana-mana hihi.

6. Eyeliner
Kalau yang ini sih optional banget selama masih muat bawa aja!

7. Hair Styling
Step ini aku masukin ke part makeup aja ya hehe. Karena kamu pakai helm, jadi kamu gabisa nih ngemacem-macemin rambut kau. Ya bakal berantakan-berantakan juga sih. Kalau naik motor itu rambut jangan di kuncir ponytail apalagi pakai jedai atau jepitan lain yang segeda gaban, kalau kamu kuncir rambut kamu begitu aku jamin kepala kamu bakal sakit! saranku, kamu kuncir rambut kamu ke bawah (?) maksudnya kuncirnya dibagian bawah rambut, yang paling deket sama leher itu loh

(seperti yang ada digambar) Kalau bisa lebih kebawah ya lebih ke bawah lagi dan jangan diikat terlalu ketat. Jika kamu menguncir rambut kamu kaya gini, rambut kamu bakal tetep rapih, dan ngga bikin sakit kepala. Selebihnya kalau sudah sampai tempat kamu bisa gaya-gayain rambut kamu gimana aja deh!

Yeaaaay~ Akhirnya samapi juga diakhir tulisan. Panjang banget bok tulisannya, kebanyakan dari tips ini adalah pengalamanku, semoga berguna untuk kalian. Ohiya beberapa produk yang aku sebutkan bisa kamu beli di Sociolla loh! dan jangan lupa, kita juga punya voucher buat kamu! Pembelanjaan minimal IDR 250.000 kamu bisa deh gunain vouchernya. Selamat belanja ya!



Jangan lupa follow social media kita yaa untuk info terupdatenya ^^
Instagram : obsproject
Facebook : Our Beauty Story


Thanks for reading
See ya in my next post




Bye

You Might Also Like

11 komentar

  1. Kalau naik motor agak jauh gitu, muka rasanya kotor gitu. Kena debu di jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanya mba, aku selalu bawa facial wash di tas. biar bisa cuci muka hehe

      Delete
  2. Aku juga dulu anak motor ul, yg wajib itu helm, jaket, dan masker. Make up paling bb cream sm bedak udah dipake dari rumah soalnya aku males cuci muka dan touch up di tempat tujuan. Nice post ul! Semoga yg baca post kamu akan terus pake helm dan masker yaaa, aku suka sedih ngeliat orang naik motor gapake helm huhuu

    XOXO, Cilla
    Http://mkartikandini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sampe sekarang msh sering pake motor walaupun ngga sesering dulu sih. aku ngga bisa banget pake bbcream ama bedak terus pake motor:((( aku orangnya cepet bgt keringetan sih, jd gtlah haha. Iyayahhh ga sayang banget sama kepala:(

      Delete
  3. aku anak motor (tapi boong) tapi serius, seneng banget kalo bisa motor-motoran plong aja rasanya:'))) dan helm itu wajib banget, buat aku bukan untuk safety tapilebih ke mengurangi debu yang nempel diwajah xD

    https://isthiud.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  4. huaa lately aku jd anak motor nih (anak ojek tepatnya LOL), penting banget emang si helm masker dll nya. kalau untuk make up malah aku jd mager pake karena klo abs naik motor rasanya muka berat karena kotor :((

    Ray - www.rayditaa.com

    ReplyDelete
  5. Jarang sih pergi make up pake motor tapi ini cukup useful sih infonyaa! Thanks for the info x

    vanillaberrys.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. aku mah gampang banget keringetan. panas dikit naek motor, keringetan... maka rambut dan makeup berantakan seketika >.< mau ga mau rambut dipakein model cepol/dibandoin. trus mekap.. hm, luntur cyiiiiinnn


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Aku lady biker. Helm yang ada kacanya sama masker itu wajib biar muka ga kena debu. Tapi kalo pake masker makeupku kadang malah jadi berantakan. terutama bagian hidung yang sering kegesek-gesek masker. hiks

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Aulia

Afra's